Kamis, 08 November 2012

TANAMAN HERBAL UNTUK OBAT #1

Meski yang alami dan natural masih dicari, tetap saja harus berhati - hati terhadap senyawa kimia yang di kandungnya dan efek samping  yang dapat mengubah detak jantung, tekanan daran dan kadar glukosa. Oleh karena itu mereka yang memiliki masalah dengan jantung, tekanan darah tinggi dan kelainan gulah darah seperti diabetes harus ekstra hati - hati.
Efek samping yang ringan biasanya memunculkan reaksi alergi seperti sakit kepala, pusing, mual atau ruam.
Berikut rangkuman beberapa penyakit dan obat herbalnya :


1. Kolesterol dan Diabetes
Rebus daun salam bersama laos lalu minum air rebusan tersebut selagi hangat. Daun salam mengandung flavonoid dan tanin sebagai zat yang mampu menurunkan kolesterol, dapat pula menurunkan kadar gula dalam darah. Laos mengandung minyak atsiri yang berfungsi untuk membantu melancarkan sirkulasi darah dan proses pengeluaran sisa metabolisme termasuk kolesterol yang berlebih.

2. Nyeri Haid
Rebus kunyit bersama dengan asam jawa dan minum airnya. Kunyit mengandung kurkumin dan Asam Jawa mengandung fruit acid yang akan membuat darah haid menjadi lancar dan megurangi kram perut.

3. Hipertensi
Konsumsi daun seledri secara teratur. Seledri mengandung ph-thalide yang mampu untuk mengendurkan otot arteri sehingga menurunkan tekanan darah bagi penderita dan juga mengurangi produksi hormon stres.

4. Bau Mulut
Rebus daun sirih, cengkeh, dan kunyit, kemudian saring air rebusan dan gunakan berkumur. Daun sirih dan cengkeh mengandung zat antiseptik sedang Kunyit mengandung kurkumin yang mampu mengatasi infeksi kuman penyebab bau mulut.

5. Sakit Kepala
Rebus jahe, sereh dan ketumbar kemudian minum air rebusannya. Jahe, sereh dan ketumbar mengandung minyak atsiri yang akan memperlancar peredaran darah dan juga berfungsi sebagai analgetik untuk mengurangi sakit di kepala.

6. Mimisan
Ambil daun sirih dan bersihkan, kemudian gulung dan masukkan ke dalam lubang hidung. Daun sirih mampu mengurangi pendarahan, termasuk pada pendarahan di selaput lendir hidung.

Sebenarnya masih banyak lagi yang akan saya share disini, berhubung harus mulai aktifitas kerjaan kantor, saya akan share lagi di postingan Asal ngeBlog selanjutnya !!!

Semoga Manfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda but No Pornografi, No SARA, No Spam, No Alkohol, No Smoking, No RASIS.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda & Keep Smile !!! :)