Jumat, 12 Oktober 2012

Cara memendekkan url atau link situs web / blog

URL Asal ngeBlog
URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
URL merupakan suatu inovasi dasar bagi
 perkembangan
sejarah Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen-dokumen dapat merujuk pranala ke Waring Wera Wanua atau World Wide Web.Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas. * dikutip dari : wikipedia

Awalnya saya mengira ketika melihat beberapa tweet yang melampir kan url pendek itu otomatis ketika kita nge-tweet sebuah artikel atau dokumen langsung dari sumbernya, ketika saya mulai membuat blog hal tersebut saya coba lakukan dan buktikan dengan nge-tweet hasl tulisan saya di blog, ternyata link yang muncul masih seperti aslinya yang panjang banget. Dari pengalaman tersebut saya berkesimpulan kalau url yg pendek itu adalah hasil modifikasi dengan menggunakan tools khusus, coba konsultasi ke mbah google dan mencari wangsit atau petuah dari beberapa blogger handal para pendahulu, akhirnya di dapatkan keterangan dari para profesor blog url pendek tersebut adalah perbuatan situs - situs web yang memang punya tugas untuk memendekkan url -url yang panjang. Baiklah sobat Asal ngeBlog, berikut beberapa situs web yang ahli di bidangnya :

  • Pemendek URL dari Goo.gl , Masukkan url / link yang akan di pendekkan di kolom yang sudah tersedia kemudian klik tomblo " Shorten URL " , Lihat contohnya berikut ini :
Contoh by Asal ngeBlog
  • Pemendek URL dari Snipurl , Masukkan url / link yang akan di pendekkan di kolom yang sudah tersedia kemudian klik tomblo " Snip it! " , Lihat contohnya berikut ini :

Contoh by Asal ngeBlog
  • Pemendek URL dari Tinyurl , Masukkan url / link yang akan di pendekkan di kolom yang sudah tersedia kemudian klik tomblo " Make TinyURL! " , Lihat contohnya berikut ini :

Contoh by Asal ngeBlog
  • Pemendek URL dari Ki.TL , Masukkan url / link yang akan di pendekkan di kolom yang sudah tersedia kemudian klik tomblo " Shorten " , Lihat contohnya berikut ini :

Contoh by Asal ngeBlog
  • Pemendek URL dari Bitly , Masukkan url / link yang akan di pendekkan di kolom yang sudah tersedia kemudian klik tomblo " Shorten " , Lihat contohnya berikut ini :

Contoh by Asal ngeBlog

Terserah sobat Asal ngeBlog mau pakai situs web yang mana, funsinya sama saja kok, " sama - sama memendekkan " xixixixixixi

........... Selamat mencoba !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda but No Pornografi, No SARA, No Spam, No Alkohol, No Smoking, No RASIS.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda & Keep Smile !!! :)